Jumat, 17 Agustus 2012

[RPG Maker] Cara Men"Set Starting Position" Player

Dulu pada saat saya pemula, saya menggunakan RPG Maker untuk mendesain game. Tetapi saya belum tahu apa-apa. Ketika saya ingin mengetes gamenya apakah berjalan dengan baik atau tidak, tiba-tiba saja muncul pop up window "Create Start Party Position" (untuk RPGM 2000) saya kebingungan bagaimana caranya untuk menyettingnya. Saya hampir menangis dan putus asa mencobanya. Tetapi karena sebuah 'kesalahan' saya berhasil menyetting posisi player.
Agar hal diatas tidak dirasakan oleh para desainer, saya akan memberitahunya.

BAGAIMANA CARANYA?

Untuk RPG Maker 2000 dan RPG Maker 2003

1. Tentukan room yang digunakan sebagai posisi awal player.
2. Bila sudah menentukannya, klik 'Event Editing Mode' (lihat screenshot)
3. Kemudian klik kanan pada salah satu grid, terserah kemauan kita meletakkannya.
4. Klik 'Set Start Party Position ...'
Screenshot

Untuk RPG Maker XP dan VX sama dengan RPG Maker 2000 dan RPG Maker 2003 caranya. Hanya saja, icon untuk mengedit Event sangat berbeda.



ICON Eventing Mode


RPGM XP
RPGM VX




3 komentar:

  1. mau tanya

    gw lagi nyoba nyoba bikin game pake RPG maker XP (dan udah agak ngerti nih)
    tapi gw nggak mau bikin game yang ada battle nya
    gw pingin di menu nya itu cuman ada "item, save, shutdown"
    itu kan mesti di edit scriptnya, bisa tolong ajarin nggak?

    game yang mau gw buat itu semacam 'Desert Nightmare' cuman lebih sederhana aja soalnya gw pemula

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya tahunya cuma RMVX. Ada scriptnya namanya 'Puzzle Menu'.

      Hapus
  2. follow back sob, zeonstarsx.blogspot.com
    disitu ane jg sharing tentang Rpg maker..
    jadi kita sama sama belajar ya... hehe..

    BalasHapus