Kamis, 16 Agustus 2012

Men-Design Game dengan RPG Maker dan Game Maker



Terkadang, ada seorang gamer yang bermimpi ingin membuat game yang dapat dia mainkan sendiri atau dimainkan oleh orang lain. Namun ia tak akan tahu mulainya darimana. Oleh karena itu, sangatlah beruntung kalian melihat post ini. Game Maker dan RPG Maker adalah solusinya.

Q: Apa itu Game Maker dan RPG Maker?

Saya akan jelaskan apa itu Game Maker terlebih dahulu. Game Maker adalah aplikasi untuk komputer yang memungkinkan kita untuk membuat game dengan berbagai macam genre. Dari Arcade hingga Simulation semuanya bisa dibuat (tergantung kekreatifitasan kita dalam mengolahnya). Game Maker dikembangkan oleh YoYo Games. Kalian bisa mendownloadnya di situs resminya. Game Maker terdiri dari 2 versi, yaitu Lite (Gratis) dan Pro (Sekarang Standard) dan Game Maker juga terdiri dari 3 jenis yaitu Game Maker, Game Maker HTML5, dan Game Maker Studio (info selengkapnya bisa dilihat di situs resminya). Dan RPG Maker. RPG Maker adalah aplikasi untuk komputer yang memungkinkan kita untuk membuat game dengan genre RPG (Role Playing Game).

Q: Contoh game yang bergenre RPG seperti apa?

Game yang kita kenal dari kecil. Legend Of Zelda, Harvest Moon Series, Suikoden dsb. RPG Maker sangatlah user friendly dan easy-to-use. RPG Maker dikembangkan oleh Enterbrain. RPG Maker terdiri dari 6 jenis yaitu, Sim RPG Maker 95, RPG Maker 2000, RPG Maker 2003, RPG Maker XP, RPG Maker VX, dan RPG Maker VX Ace. Versi terbarunya ialah RMVXA (RPG Maker VX Ace). RPG Maker bisa didownload di http://2drpg.com/ .

Tunggu apalagi, segera download dan nantikan tutorial mendesain game di Design Game 23.

1 komentar:

  1. ohh, RPG Maker buatan Jepang, sy copas nah tenang sy cantumkan ji sumbernya, sekaligus nama penulisnya

    BalasHapus